Artikel ini adalah lanjutan dari artikel yang ini: Shopee Ads atau FB Ads?
Facebook Ads Solusi Perang harga?
banyak sekali yang bilang kalau ga mau main perang harga, ya mainnya jangan di marketplace.. mainnya di Facebook, pakai Facebook ads. Karena bisa menjaring orang banyak, bisa menjaring orang di Facebook dan Instagram...
Saya khawatir banyak yang salah tafsir..
ya betul memang kalau mau main di Facebook Ads, anda tidak akan perang harga.. tapi anda jadi PERANG IKLAN! ibaratnya keluar kandang singa, masuk kandang buaya. hehe.
Berpindah ke FB ads dengan menghindari perang harga, bukan berarti medan yang ditempuh lebih mudah. Sama aja susahnya! Yes betul memang perang harga tidak terjadi kalau di FB ads, tapi audiencenya juga beda.. orang yang di FB / IG, ga semuanya buka untuk belanja.. Tapi orang yang di Shopee, buka Shopee kemungkinan emang untuk belanja. ya ga?
jadi sebenernya, mau jualan di Facebook atau jualan di marketplace, ini ga bertolak belakang kok. Kalau mau main perang harga di marketplace, ya silakan. Mau markup gede2an di Facebook jg silakan.. 2-2nya jalan aja.. ya ga?
Main Facebook Ads, pasang harga mahal!
Saya coba contohkan perhitungan sederhana tentang biaya iklan di Facebook dan Shopee. Anda perlu tau istilah ini:
CPC = Cost per click = biaya per klik dari suatu iklan
CR = conversion rate = pembeli / pengunjung atau bisa juga penjualan / unique klik
lihat tabel di bawah:
CR di Shopee saya masukkan 2%, ini orang Shopee nya sendiri yang bilang, kalau rata2 itu angka CR di 2%. Sedangkan di Facebook saya masukkan 0.5%, ini feeling aja. Soalnya saya Pribadi seumur hidup belum pernah tergiur untuk belanja produk dari iklan di Facebook. Coba anda refleksikan ke diri sendiri, berapa iklan yang muncul ke hadapan anda, lalu berapa yang anda klik? berapa yang anda jadi beli?
Dengan angka itu, ditemukan biaya marketing untuk closing 1 penjualan SAJA.
Sederhana.. tinggal CPC dibagikan dengan CR.. sehingga untuk closing di Shopee, butuh biaya 12500..
sedangkan untuk closing di Faceboo, butuh biaya 50.000 rupiah.
bingung? coba dibalik..
dari 12500, dapat berapa klik? 12500 / 250 = 50 klik. dari 50 klik dapet berapa pesanan? 2% x 50 = 1 pesanan = 1 closing!
bayangkan itu 4 kali lipat harganya.. itulah mengapa WAJAR sekali kalau jualan di Facebook harus pasang harga yang besar. Ini belum lagi keitung biaya2 lainnya loh.. Seperti, sewa payment gateway, virtual account, website, hosting, dan lain sebagainya...
Makannya untuk jualan pure di FB ads, ga akan cocok untuk barang2 generik.. seperti: Jilbab, sembako, kopi, FMCG, dst..
dan biasnaya pemain FB ads itu jualannya barang2 yang menyangkut emosionil seperti: mukena, kurma, Quran, buku, barang2 cina aneh2
Brand besar juga jualan di Marketplace!
Saya heran, ngarahin branding, main di Facebook Ads, tapi kan brand besar juga mainnya di marketplace loh..
Semua orang pengen harga murah (sepadan / worth)..
Orang yang langsung terbujuk iklan di Facebook, tanpa kepoin ke MP = kurang pintar
Anda ingin orang Indonesia tambah pintar atau tidak?
Maketplace adalah masa depan..
hayoh...
Kesimpulan...
Jadi saran saya.. jangan skeptis dengan kondisi. Anda harus siap perang harga, siap juga perang iklan. Atau main di tengah2. 2-2nya kudu jalan.
Saran saya khususnya untuk pemula, mulai dengan main di marketplace dengan perang harga, nanti kalau udah product-market-fit alias ketemu lakunya apa, pelan2 naikin harga, pelang2 branding di Facebook... terus beriringan
--
semoga ada manfaatnya
[]
0 Response to "Iklan Shopee vs FB Ads (part 2)"
Posting Komentar